Bahaya Tungau

Posted by on November 10, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Bahaya Tungau

Tungau dan anggotanya banyak yang hidup bebas di ari atau daratan, akan tetapi anggotanya banyak yang menjadi parasitĀ  pada hewan lain seperti hewan mamalia maupun serangga atau tumbuhan, bahkan ada juga yang memakan kapang. Beberapa tungau diketahuo menajdi penyakit atau vektor dan pemicu alergi.

Akan tetapi walaupun demikia, ada pula tungau yang hidup menumpang pada hewan lain namun saling menguntungkan. Di bidang pertanian, tungau menimbulkan banyak kerusakan pada kualitas buah jerukĀ  seperti tungau karat buah Phyllocptura oleivera Ashamed dan tungau merah Panonychus citri McGregor, merusak daun ketela pohon dan juga daun beberapa tumbuhan Solanaceae atau cabai dan tomat. Tungau juga menyebabkan penyakit skabies, penyakit pada kulit yang mudah menular.

Ada lebih dari 45 ribu jenis tungau yang telah dipertelakan. Para ilmuwan berpendapat baru sekitar 5% dari kenyataan total jenis yang ada. Hewan tungau dipercaya telah ada sejak sekitar 400 juta tahun. Ilmu yang mempelajari tenang tungau atau cpalak dikenal sebagai akarologi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *