Beberapa Jenis Nyamuk Anopheles

Posted by on March 17, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Beberapa Jenis Nyamuk Anopheles

Nyamuk anopheles memiliki banyak spesies yang dapat menyebarkan penyakit malaria. Contohnya nyamuk sundaicus yang banyak ditemukan di air payau, seperti di Kepulauan Seribu. Nyamuk ini berkembang biak di lingkungan yang banyak ditumbuhi ganggang. Nyamuk ini akan menyimpan telurnya pada ganggang hujau yang banyak reniknya sehingga begitu menetas jentiknya langsung mendapat makanan rentik yang hidup di antara ganggang tersebut.

Jenis lainnya adalah Anopheles maculatus dan Anopheles balabacensis yang banyak ditemukan di perbukitan, seperti di Bukit Manoreh Yogyakarta. Nyamuk jenis ini biasa bertelur di mata air, air rembesam atau di sungai yang air nya tidak deras seperti di antara bebatuan sungai.

Ada juga jenis Anopheles aconitus yang banyak ditemukan di daerah pesawahan atau saluran-saluran air yang ada rumputnya, dan masih banyak jenis nyamuk anopheles lainnya. Menurut Soeroto ada sekitar 70 jenis nyamuk anopheles sehingga penyakit malaria yang dijangkitkan oleh nyamuk ini pun bermacam-macam jenisnya terganting dari jenis parasitnya, misalnya malaria falsiparum, vivak, ovale dan malariae. Selain malaria, nyamuk ini juga bisa menyebabkan penyakit kaki gajah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *