Kutu Buku

Posted by on February 25, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Kutu Buku

Kutu Buku adalah istilah dari setiap hewan kecil yang semuanya berupa serangga yang membuat lubang pada buku. Kutu buku adalah serangga kecil yang berukuran dibawah 1 mm, memiliki tubuh yang lunak dan tidak memiliki sayap yang termasuk ke dalam ordo Psocoptera atau dikenal juga dengan Trogium Pulsatorium, yang memakan kapang serta bahan organik lainnya pada barang-barang yang tidak terawat salah satunya pada jilidan buku atau bagian lainnya. Hewan ini sebenarnya bukanlah kutu dalam pengertian entomologi.

Serangga lain yang biasa disebut kutu buku adalah gegat Lepisma saccharina yang berasal dari ordo Thysanura dan juga beberapa kecoa yang berasal dari ordo Blattodaea kecil yang juga memakan kapang serta kertas yang usang/lapuk dan sisa-sisa perekat organik di buku. Serangga ini kurang menyukai perekat modern . Kerusakan buku disebabkan oleh suhu dan kelembababn tinggi sehingga serangga-serangga tersebut lebih banyak berada di tempat-tempat tersebut.

Tineola bisselliella dan Hofmannophila pseudospretella menyukai kain penjilid, buku dengan sampul kulit menarik berbagai serangga seperti Dermestes Lardarius serta larva Attagenus unicolor dan Stegobium paniceum. Larva kumbang Xestobium rufovillosum dan kumbang penggerek kayu Anobium punctatum yang biasa membuat lubang pada kayu perabotan suka membuat lubang seperti terowongan yang dapat menembus kayu dan kertas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *