Lalat Buah, Lalat Lentera Dan Lalat Maret

Posted by on February 18, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Lalat Buah, Lalat Lentera Dan Lalat Maret

1. Lalat Buah

Lalat buah memiliki ciri-ciri antara lain memiliki ukuran tubuh yang kecil yaitu kurang dari 3-4 mm, berwarna kekuningan atau kecoklatan, memiliki bulu pada bagian dekat mulut dan sub costa berakhir pada costa aristanya plumose.

Lalat Buah sering ditemukan di kebuh di dekat buah-buahan yang membusuk, atau di rumah yang terdapat buah-buahan di tempat yang terbuka. Larva lalat buah hidup di dalam buah-buahan yang membusuk dan jamur yang tumbuh disekitarnya. Larva lalat buah sebagian kecil bersifat ektoparasit pada ulat, pada tahap larva seringkali bersifat predator terhadap kutu dan homoptera kecil. Lalat buah sering digunakan dalam kegiatan praktek atau studi genetika.

2. Lalat Maret

Lalat Maret (Famili Bibionidae) bertubuh kecil hingga sedang. Tubuhnya relatif kokoh,kebanyakan berwarna hitam. Sebagian dari jenis lalat ini memiliki thorax berwarna merah atau kuning. Ocelli terdapat pada bonggol yang terletak di antara mata majemuk. Costa berakhir sebelum ujung sayang, dan tibia dengan apikal spur.

Lalat Maret banyak ditemukan pada buanga-bungaan. Larva dari lalat maret memakan akar dan merusak tanaman. Lalat ini banyak ditemukan di bulan Maret.

3. Lalat Lentera

Lalat Lentera ( Famili Stratiomyidae) mempunyai ciri-ciri antara lain bertubuh sedang sampai besar. Terkadang nampak seperti lebah. Memiliki ruas antenna ke 3 membulat, tanpa stylus atau arista. Abdomen kuat dan tegap, beberapa melebar tetapi ada juga yang memanjang, pada umunya berwarna gelap.

Lalat ini sering ditemukan di bunga-bungaan, larva yang hidup aquatik memakan ganggang, bahan lapuk dan juga serangga air yang lebih kecil. Sebagian larva lalat lentera hidup di bawah kayu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *