Leptospirosis

Posted by on March 16, 2012 in leptospirosis | 0 comments

Leptospirosis tergolong penyakit hewan yang bisa menjangkiti manusia atau zoonosis. Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira berbentuk spiral yang menyerang hewan dan manusia dan dapat hidup di air tawar selama lebih dari satu bulan. Hewan yang menjadi vektor utama penularan penyakit ini adalah tikus. Manusia dapat terinfeksi melalui kontak dengan air, tanah atau tanaman yang yang  telah dikotori oleh air seni hewan yang mengandung leptospirosis. Bakteri masuk ke dalam tubuh manusia melalui selaput lendir mata, hidung, kulit yang luka atau pun melaui  makanan.

Gejala yang ditimbulkan berupa: demam, sakit kepala, menggigil, muntah, nyeri pada betis, punggung dan otot. Bila tidak tertangani dengan baik maka Leptospirosis dapat menimbulkan akibat yang fatal seperti: gagal ginjal, gagal jantung, sesak nafas, perdarahan, pada ibu hamil bisa menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur dan cacat.

jasa pembasmi tikus murah

Pencegahan

  • Membiasakan diri dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
  • Menyimpan makanan dan minuman dengan baik agar terhindar dari tikus dan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan minum
  • Mencuci tangan, kaki serta bagian tubuh lainnya dengan sabun setelah bekerja di sawah/ kebun/sampah/tanah/selokan dan tempat-tempat yang tercemar lainnya.
  • Melindungi pekerja yang berisiko tinggi terhadap leptospirosis (petugas kebersihan, petani, petugas pemotong hewan, dan lain-lain) dengan menggunakan sepatu bot dan sarung tangan.
  • Menghindari, mengusir tikus di dalam rumah/gedung dan menghindari pencemaran oleh tikus, memasang perangkap tikus
  • Melakukan desinfeksi terhadap tempat-tempat tertentu yang tercemar oleh tikus
  • Menggunakan jasa profesional pembasmi tikus ataupun jasa anti tikus.

Anda perlu jasa pembasmi tikus / jasa anti tikus murah profesional? Hub: PESTCO 081 322 37 3456, pin bb 276acd2d. Siap melayani anda di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Cimahi, Padalarang, Bandung dan sekitarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *