Nyamuk

Posted by on March 7, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Nyamuk

Nyamuk merupakan serangga yang termasuk ke dalam order Diptera, Genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochleraotataus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta dan Haemagoggus untuk jumlah semua sekitar 35 genera yang mencakup 2700 spesies. Nyamuk memiliki dua buah sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang, antarspesies nyamuk memiliki ciri berbeda tetapi jarang yang mencapai 15 mm.

Nyamuk betina, bagian mulutnya membetuk probosis panjang untuk menembus kulit mamalia atau burung, reptilia dan amfibi untuk menghisap darah. Nyamuk betina membutuhkan protein untuk pembentukan telur dan karena diet nyamuk terdiri dari madu dan jus buah yang tidak mengandung protein, kebayakan nyamuk betina perlu mengisap darah untuk mendapatkan protein yang diperlukan.

Berbeda dnegan nyamuk betina, nyamuk jantan memilik bagian mulut yang tidak sesuai untuk menghisap darah. Nyamuk betina dari satu genus yaitu Toxorhynchites tidak pernah menghisap darah. Larva nyamuk besar tersebut merupakan pemangsa jentik-jenyik nyamuk yang lain.

Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal dengan nama Mosquito yang berasal dari sebuah kata dalam bahada Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Hal ini dikenal sejak tahun 1583. Sedangkan di daerah Britania Raya, nyamuk dikenal dengan nama gnats

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *