Perilaku Kalajengking

Posted by on November 7, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Perilaku Kalajengking

Kalajengking merupakan hewan yang tergolong ke dalam serangga yang aktif di malam hari atau noktrunal, dan di siang hari atau diurmal. Dia juga merupakan hewan predator pemakan serangga, laba-laba, kelabang dan kalajengking lainnya yang berukuran kecil. Kalajengking yang lebih besar terkadang makan vertebrata seperti kadal, ular dan tikus.

Mangsa akan terdeteksi oleh kalajenging melalui sensor vibrasi organ pektin. Pedipalpi atau capit mempunyai susunan rambut sensor halus yang dapat merasakan vibrasi di dari udara. Ujung-ujung tungkai mempunyai organ kecil yang dapat mendeteksi vibrasi di tanah. Kebayakan kalajengking adalah predator penyerang yang mendeteksi mangsa ketika ia datang mendekat. Permukaan tungkai, pedipalpi dan tubuh juga ditutupi dengan rambut seta yang sensitif terhadap sentuhan langsung.

Seperti halnya predator lainnya, kalajengking cenderung menacari makan di daerah teritori yang jelas dan terpidah, dan kembali ke tempat tang sama pada setiap malam. Kalajengking bisa masuk ke dalam komplek perumahan dan gedung ketika daerah teritorialnya hancur oleh pembangunan, penebang hutan dan sebagianya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *