Sayap Pada Kumbang

Posted by on April 15, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Sayap Pada Kumbang

Elytra pada kumbang terhubung ke pterathorax. Elytra tidak digunakan untuk terbang akan tetapi cenderung digunakan untuk menutupi bagian belakang tubuh dan melindungi pasangan sayap kedua atau alae. Elytra harus dinaikkan untuk dapat menggerakkan sayap belakang untuk terbang. Sayap terbang dari kumbang bersilangan dengan pembuluh darah dan dilipat setelah mendarat, sejajar dengan pembuluh darah dan disimpan di bawah elytra.

Sebuah lipatan atau jugum dari membran si dasar setiap sayap adalah suatu fitur karakteristik kumbang. Kemampuan untuk terbang pada kumbang telah hilang pada beberapa spesies kumbang, antara lain pada kumbang tanah, dan juga beberapa kumabng dari famili Curculionidae dan juga beberapa spesies dari famili lain yang tinggal di gurun dan gua.

Banyak kumbang yang memiliki dua elytera yang telah menyatu bersama-sama membentuk perisai yang kokoh di atas perut. Beberapa famili kumbang telah kehilangan keduanya, baik kemampuan untuk terbang maupun elytra, contohnya pada glowworm dari famili Phengodidae

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *