Semut

Posted by on January 17, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Semut

Semut yang memiliki jumlah spesies lebih dari 12.000 jenis adalah serangga yang merupakan anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera yang kebanyakan hidup di kawasan tropika. Semut juga dikenal sebagai serangga sosial karena seringnya berkoloni dan membentuk sarang-sarangnya yang teratur yang isinya terdiri dari ribuan semut. Koloni koloni semut tersebut biasaya terbagi menjadi beberapa bagian antara lain ratu semut, semut pejantan dan semut pekerja serta kemungkinan adanya kelompok semut penjaga.Koloni semut tersebut biasa disebut dengan superorganisme karena mereka yang membentuk sebuah kesatuan serta setiap koloni bisa menguasai daerah yang cukup luas untuk kehidupan mereka.

Semut dapat menghasilkan asam format atau yang dikenal sebagai asam semut, semut menghasilkan asam semut tersebut untuk alat pertahan diri.

Walaupun semut merupakan hewan yang tubuhnya relatif kecil, tetapi semut termasuk hewat yang sangat kuat di dunia,. Contohnya semut jantan dapat menahan beban dengan berat lima puluh kali dari berat badan dirinya  sendiri,hal ini dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang  beban dengan beban dua kali dari berat badannya. Dalam hal ini semut hanya dapat tersaingin dengan kumbang badak yang mampu menahan berat 850 kali berat badannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *