Semut Dapat Mendeteksi Gempa Bumi.

Posted by on January 25, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Semut Dapat Mendeteksi Gempa Bumi.

Gempa bumi adalah suatu jenis peristiwa alam yang belum bisa diperkirakan kapan akan terjadi. Gempa dapat diketahui ketika getarannya sudah terasa. Namun menurut berita dari Kompas.com, menurut penelitian terakhir di Jerman, akan terjadinya gempa dapat dirasakan oleh semut merah hutan (red wood ant).

Penelitian ini dilakukan oleh Gabrieke Berberich dari University Duisburg-Essen, Jerman. Dia menemukan perubahan dari perilaku semut ketika gempa bumi akan terjadi. Hal ini dilihat dari gelagat bakal terjadinya gempa¬† yang diketahui dari “kegelisahan” para semut, terlihat dari dilanggarnya pola hidup diurnal.

Semut merupakan hewan dengan pola hidup diurnal, yaitu pola hidup yang aktif di siang hari untuk mengumpulkan makanan dari beraktivitas, kemudian istirahat di malam hari. Namun saat gempa akan terjadi, koloni semut merah akan terus terjaga sepanjang malam di luar sarang mereka sekalipun situasi ini membuat mereka rentan diserang pemangsa.

Pada saat gempa telah usai, perilaku normal semut akan kembali meskipun tak serta merta. Dalam penelitian tersebut, perilaku semut merah terpantau normal sehari setelah gempa berlalu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *