Semut Rangrang

Posted by on January 24, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Semut Rangrang

Semut Rangrang atau yang biasa disebut kerangga (Oecophylla) adalah semut yang berukuran agak besar yang dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya. Oleh sebab itu semut rangrang dalam bahasa Inggris disebut weaver ant atau “semut penganyam”. Rangrang juga merupakan serangga sosial dan membentuk koloni sama hal nya dengan semut lain nya. Koloni rangrang dapat sangat tinggi populasinya. Rangrang memiliki perilaku memelihara beberapa jenis kutu sisik untuk diperah cairannya.

Rangrang bersifat teritorial (menjaga tempat hidupnya) dan bertempramen galak. Rangrang tidak akan segan-segan menyerang apa pun yang mendekati kawasan aktivitasnya. Oleh sebab itu banyak pemilik pohon buah di Asia Tenggara yang memanfaatkan rangrang untuk menjaga buah yang mulai ranum. Rangrang juga dimanfaatkan manusia sebagai seumber pakan burubg bekicau peliharaan, Larvanya dikenal sebagai kroto dan disukai oleh burung pemakan serangga. Kroto adalah komoditas perdagangan sekunder sebagai tambahan penghasilan petani.

Rangrang yang dikenal di dunia ini ada dua jenis yang masih menyintas. Sedangkan sisanya ditemukan dalam bentuk fosil. Jenis pertama adalah rangrang asia (O. smaragdina) yang tersebar di Paskistan sampai Australia bagian utara dan rangrang afrika (O. longinoda) yang menghuni kawasan tropis di Afrika.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *