Tikus Rumah

Posted by on February 7, 2014 in Uncategorized | 0 comments

Tikus Rumah

Tikus Rumah (Rattus rattus) termasuk hewat pengerat biasa sangat mudah dijumpai di rumah-rumah dengan ekor yang panjang dan pandai memanjat serat melompat. Tikus rumah termasuk ke dalam sub suku Murinae dan berasal dari Asia, lalu menyebar ke Eropa melalui perdagangan sejak awal penanggalan modern dan betul-betul menyebar pada abad ke-6, lalu menyebar ke seluruh dunia. Tikus rumah cenderung tersebar di daerah yang hangat karena di daerah dingin kalah bersaing dengan tikus got.

Tikus rumah adalah hewan nokturnal dan pemakan segala, namun menyukai bulir-bulir. Betinanya mampu beranak kapan saja dengan anak 3-10 ekor/kelahiran. Biasanya tikus rumah mencapai umur 2-3 tahun dan menyukai hidup berkelompok. Ukurannya biasanya 15-20 cm dengan ekor kurang lebih 20 cm.

Tikus rumah adalah perenang yang buruk dan bangkainya sering ditemukan di sumur-sumur. Tetapi mereka lebih gesit dan pemanjat ulung bahkan mereka dapat terbang. Tikus rumah biasanya berwarna hitam atau coklat serta putih dan loreang untuk tikus rumah yang dibiakkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *