Jasa Pembasmi Rayap Bogor

Jasa Pembasmi Rayap Bogor | Unipest 0811-1289-094

Jasa Pembasmi Rayap Bogor – Rayap merupakan salah satu species serangga yang hidup secara berkoloni, bersarang, dan pemakan kayu sehingga kehadirannya dapat menimbulkan kerusakan dan kerugian. Di beberapa daerah di Indonesia, rayap juga dikenal dengan nama anai-anai. Bahkan, ada yang menyebutnya dengan nama semut putih karena hampir serupa dengan semut. Meskipun, sebenarnya secara filogeni tidak ada hubungannya antara semut dan rayap. Karena kemunculannya yang sering merusak, serangga ini dianggap sebagai salah satu hama yang perlu untuk dibasmi.

Jasa Pembasmi Rayap Bogor

Untuk mengenal karakteristik dari hewan yang satu ini, mari baca penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Kasta Rayap

Mirip seperti semut dan lebah yang hidup berkoloni dan termasuk serangga sosial, rayap juga menerapkan pembagian kasta yang setiap kastanya memiliki tugas yang berbeda-beda. Koloni rayap terdiri dari 3 kasta utama, yaitu;

1.    Kasta pekerja

Rayap ini berukuran tubuh kecil dan memiliki populasi terbanyak bila dibandingkan dengan kasta lainnya. Rayap pekerja memiliki tugas untuk mencari makan, memberi makan rayap kasta lainnya, merawat dan membersihkan telur, membersihkan tubuh kasta lainnya, serta membuat dan merawat sarang. Selain itu, rayap pekerja ini juga memiliki tugas kanibalisme dengan memakan rayap-rayap yang sudah tidak lagi produktif, baik sesama kasta pekerja maupun kasta lainnya. Rayap dari kasta inilah yang menjadi penyebab kerusakan perabotan yang terbuat dari bahan-bahan kayu.

2.    Kasta prajurit

Memiliki ciri dengan kepala yang berukuran besar dan tubuh yang kekar. Tugas kasta ini adalah untuk melindungi koloni dari ancaman dan gangguan dari luar dengan menggunakan capit atau mandibel dengan cara menusuk, mengikis, dan menjepitnya dengan sangat kuat.

3.    Kasta reproduktif

Rayap dalam kasta ini bertugas untuk menemukan tempat baru untuk koloni, bereproduksi, dan memberi makanan untuk spesies yang baru lahir. Rayap reproduktif ini terdiri dari raja dan ratu, dimana pada bagian abdomen (perut) rayap ratu lebih besar daripada rayap raja. Tugas pejantan atau raja adalah membuahi rayap betina supaya dapat berkembang biak dengan cara bertelur. Selain itu, kasta reproduktif terbagi menjadi 2 macam, yaitu;

·         Kasta reproduktif primer: rayap jantan dan betina yang integumern tubuhnya ter-sklerotisasi, ter-pigmentasi, dan berkembang dari spesies rayap bersayap atau lator (makroptera).

·         Kasta reporduktif suplementer; rayap yang berasal dari kasta pekerja yang akan menjadi raja atau ratu baru yang menggantikan raja atau ratu yang mati.

Habitat Rayap

Kehidupan rayap dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kestabilan suhu sarang dan keseimbangan kadar air. Biasanya, sarang rayap terbuat dari lumpur dan berbentuk seperti labirin yang memiliki lubang-lubang udara yang dibuat sedemikian rupa guna untuk mengatur sirkulasi udara dalam sarang. Rayap merupakan jenis serangga berkoloni yang tidak tahan terhadap cahaya (kecuali laron), sehingga sarangnya biasanya berada di tempat gelap. Rayap juga memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik sehingga tersebar secara luas di dunia.

Karakteristik Rayap

Karakteristik umum yang dimiliki oleh serangga ini, yaitu;

  • Tubuhnya berwarna keputih-putihan dan seperti transparan atau bening dengan lapisan tipis bernama epitikula yang tersusun dari parafin yang juga terdapat pada tubuh serangga lain. Lapisan ini berfungsi untuk mencegah tubuh rayap kering, menjaga kelembapan tubuh, dan mencegahnya dari infeksi.
  • Memiliki bagian tubuh berupa kepala, toraks (dada), dan abdomen (perut). Namun, bagian toraks dan abdomen-nya tidak memiliki batas yang jelas.
  • Kepalanya berbentuk bulat dan berwarna agak kekuningan.
  • Di kepalanya terdapat antenna dengan 15 segmen, labrum, dan pronotum yang berwarna kuning pucat.
  • Spesies rayap umumnya takut terhadap cahaya, kecuali jenis rayap laron yang tertarik terhadap cahaya.

 

Jenis-Jenis Rayap

Keragaman jenis species rayap cukup tinggi. Beberapa diantaranya berdasarkan lokasi sarang utama atau tempat tinggalnya digolongkan ke dalam tipe-tipe berikut ini:

  • Rayap pohon

Jenis rayap ini menyerang pohon yang masih hidup, bersarang dalam pohon, dan tidak berhubungan dengan tanah. Contoh speciesnya; Neotermes tectonae (famili Kalotermitidae), hama pohon jati.

  • Rayap kayu lembab

Jenis species ini menyerang kayu mati yang lembab, bersarang dalam kayu, dan juga tidak berhubungan dengan tanah. Contoh speciesnya; jenis-jenis rayap dari genus Glyptotermes (Glyptotermes.spp., famili Kalotermitidae).

  • Rayap kayu kering

Species jenis ini hidup dalam kayu mati yang telah kering. Tanda-tandanya terdapat butir-butir kecil berwarna kecoklatan yang sering berjatuhan di lantai atau di sekitar kayu yang diserang. Species ini umumnya terdapat di rumah-rumah dan perabot-perabot seperti meja, kursi, lemari, dan sebagainya.

  • Rayap subteran

Umumnya hidup di dalam tanah yang mengandung banyak bahan kayu yang telah mati atau membusuk.

  • Rayap tanah

Species ini bersarang dalam tanah, terutama dekat pada bahan organik yang mengandung selulosa seperti kayu, serasah, dan humus. Jenis-jenis rayap ini sangat ganas, karena dapat menyerang obyek-obyek yang berjarak sampai 200 meter dari sarangnya.

Jasa Pembasmi Rayap Bogor – Sebenarnya rayap memiliki manfaat, yaitu sebagai pengurai atau dekomposer alami. Namun, karena sifatnya lebih banyak menimbulkan kerusakan sehingga menjadi hama pengganggu yang harus diberantas. Rayap suka menyerang pohon atau tanaman, serta bagian-bagian rumah atau bangunan yang terbuat dari kayu. Kayu yang telah diserang rayap akan rapuh dan tidak tahan lama. Hal tersebutlah yayap? ang dapat menimbulkan kerugian secara ekonomi. Makanya, bila ditemukan berada di area tempat tinggal atau lingkungan kerja Anda, sebaiknya segera dibasmi demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Punya masalah dengan rayap? Hubungi Unipest, jasa pembasmi rayap terbaik

  • Telp : (021) 8490-1494
  • WA: 0811 1289 094
  • WA: 0813 8381 4631
  • Email : info.unipest@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.