Pembasmi Tikus Jakarta

Pembasmi Tikus Jakarta

Jasa Pembasmi Tikus Jakarta – Unipest 0811 1289 094

Jasa Pembasmi Tikus Jakarta – Adanya tikus di dalam rumah tentunya sangat menyebalkan, hewan pengerat ini menjadi sumber dari berbagai penyakit yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia. Tikus adalah salah satu hama yang sangat mengganggu dan merepotkan ketika mereka berada di dalam rumah atau tempat bisnis.

Tikus adalah hama yang sangat sulit untuk dikendalikan sendiri oleh Anda terutama ketika mereka telah menemukan akses masuk ke dalam rumah atau bisnis Anda. Tikus memiliki sifat merusak dan suka menggigit kabel untuk mengasah giginya, dan hasil dari gigitan tikus tersebut akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik, bahkan bisa berujung pada kebakaran karena arus pendek listrik.

Berikut adalah beberapa bahaya yang akan muncul apabila tikus masuk ke rumah atau tempat usaha:

  1. Tikus dapat merusak banyak hal di rumah, mulai dari benda yang terbuat dari plastik, kayu hingga baja.
  2. Sifat tikus yang suka menggigit dan mengunyah kabel listrik dapat menyebabkan arus pendek hingga kebakaran.
  3. Tikus mengkontaminasi makanan atau minuman yang dikonsumsi manusia melalui feses atau urin mereka.

Tikus adalah jenis hama mamalia yang perkembang-biakannya sangat cepat. Seekor tikus bisa hidup antara 3 sampai 4 tahun. Pada umumnya, di usia 1,5 – 5 bulan tikus sudah siap kawin. Seekor tikus betina bisa beranak antara 6 – 8 ekor. Masa kehamilan tikus berkisar ± 21 hari dan dalam 1 tahun bisa sampai 4 kali melahirkan. Bayangkan jika populasi tikus tidak dikendalikan, apa yang terjadi?

Selain kecoa dan nyamuk, tikus adalah spesies hama yang juga sering ditemui di lingkungan rumah manusia dan menjadi salah satu penyebar penyakit. Salah satu pandemik hebat yang terkenal penyebarannya oleh tikus adalah wabah penyakit PES di Eropa pada abad ke 19. Peristiwa tersebut dikenal dengan sebutan black death atau maut hitam, dimana wabah penyakit PES ini membunuh sekitar dua pertiga penduduk benua Eropa.

Selain PES beberapa penyakit yang penyebarannya dibawakan oleh tikus di antaranya adalah leptospirosis, salmonellosis, rat bite fever (RBF), plague dan HPS. HPS adalah salah satu penyakit dari tikus yang cukup fatal karena menyerang pernafasan manusia.

pembasmi tikus jakarta

Pengendalian Tikus Oleh Jasa Pembasmi Tikus

Pengendalian tikus (rodent control) dilakukan dengan beberapa cara antara lain:

  1. Pengumpanan (baiting)

Pengumpanan dilakukan dengan memberikan makanan yang disukai tikus yang dicampur dengan racun tikus. Racun tikus yang baik bukanlah racun yang dapat mengakibatkan kematian seketika, karena hal ini akan mengakibatkan kawan-kawan mereka akan ketakutan dan tidak mau lagi memakan racun tersebut. Untuk ini sebaiknya digunakan racun tikus yang memiliki efek bunuh beberapa hari setelah tikus memakan racun tersebut (misalnya sekitar 4 hari sampai 1 minggu) dan dengan demikian tikus lain tidak menyadari bahwa mereka sudah memakan makanan yang mengandung racun yang mematikan.

  1. Menggunakan perangkap (Trap)

Dilakukan dengan cara memasukkan makanan yang disukai tikus seperti ikan asin, daging, dan lain sebagainya kedalam perangkap, dan ketika tikus masuk kedalam perangkap untuk memakan makanan tersebut, secara otomatis tikus akan terperangkap, tidak dapat keluar, dan selanjutnya tikus akan dibunuh untuk mengurangi jumlah populasi tikus.

  1. Menggunakan lem tikus

Tujuan menggunakan lem tikus, biasanya lem yang digunakan memiliki bau khas seperti bau ikan asin, agar tikus tertarik untuk menjamahnya sehingga terperangkap/ terjerat pada bentangan lem, dan tidak dapat melarikan diri lagi, dengan demikian tikus tersebut bisa dibunuh untuk mengurangi populasi tikus ditempat itu.

Proses Pembasmian Tikus

  1. Teknisi/ Jasa pembasmi tikus mengidentifikasi saluran masuk dan keluar jalur tikus
  2. Mencari sumber kotoran tikus
  3. Mengidentifikasi bau air seni dan kotoran tikus
  4. Memasang umpan disekitar area jalur tikus/pemasangan perangkap/lem baik di dalam ruangan maupun area luar ruangan.
  5. Setelah umpan terpasang, mengamati sejauh mana umpan tikus berkurang hingga penambahan kembali umpan terpasang
  6. Memastikan bahwa populasi berkurang terlihat dari umpan yang masih tersedia.
  7. Minggu ke-1 dilakukan treatment terhadap umpan/perangkap sedangkan untuk minggu ke-2 (setelah 15 hari) mengontrol umpan yang terpasang dan jika perlu dilakukan penambahan umpan.
  8. Langkah terakhir adalah sanitasi yang merupakan langkah terpenting dalam proses pengendalian tikus agar tikus tidak kembali lagi. Agar menghasilkan sanitasi yang bagus, biasanya dilakukan beberapa hal yaitu mulai dari proses pengelolaan sampah, tata letak dari barang-barang, penggunaan palet untuk barang yang ada di gudang, serta menjaga kebersihan pada area-area yang berpotensi munculnya tikus.

Jasa Pembasmi Tikus Jakarta – Serangga seringkali berperan sebagai penyeimbang ekosistem disamping media pembawa penyakit yang berakibat mengganggu kesehatan manusia, lingkungan dan merugikan secara ekonomi. Dalam mengendalikan hama, direkomendasikan melakukan tindakan secara terpadu dan kontinyu untuk menghindari perkembangan populasi hama yang secara drastis meningkat dengan jumlah populasi melebihi keadaan lingkungan sekitar. Tindakan dan aplikasi penanganan hama secara benar akan membawa dampak yang baik bagi kenyamanan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Jasa basmi tikus di Grogol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.