Pest Control Makassar

Posted by on June 24, 2019 in pest control makassar | 0 comments

Pest Control Makassar

Jika berbicara tentang pest control, mungkin beberapa telah mengetahuinya, namun mungkin juga banyak dari kalian masih belum tahu apa itu pest control dan manfaatnya. Pest control ialah pengendalian hama untuk arti dalam bahasa Indonesianya. Pengendalian hama ini merupakan proses usaha guna mengurangi serta mematikan beragam jenis serangga dan hama yang mana bersifat mengganggu ataupun merusak.

pest control makassar

Hama sifatnya dimana-mana ada, baik itu di lingkungan rumah tangga, perindustrian atau komersil, tempat usaha, ataupun di sebuah bangunan publik. Untuk mengendalikan hama biasanya perlu melibatkan penggunaan beberapa jenis insektisida supaya hama tak memasuki ruang dan bisa membunuhnya apabila telah terlanjur di dalam ruang. Perlu dilakukan pest control karena memang serangga sifatnya ada yang mengganggu dan bahkan cenderung merusak.

Jenis Hama Yang Perlu Di Pest Control

Jenis hama yang harus kalian panggilkan jasa pest control ada sangat banyak, diantaranya ialah lalat, kecoa, nyamuk, dan lainnya. Jenis hama tersebut sifatnya sangat mengganggu. Sedangkan untuk hama yang sifatnya cenderung merusak ialah tikus dan rayap. Kedua hewan tersebut bisa hadir dalam jumlah yang sangat banyak sehingga akan bersifat merusak jika tidak di basmi dengan menggunakan jasa pest control Makassar, PESTCO.

Namun, untuk kalian yang berdomisili di kota lain bisa menyewa jasa pest control terdekat guna mengamankan lokasi penting yang kalian miliki dari hama perusak. Untuk mereka yang masuk di jasa pest control bukanlah orang sembarangan. Mereka harus memiliki sertifikat, terlatih dan juga harus mengetahui bagaimana tingkah laku hama yang mereka akan kendalikan. Nah, untuk itu pastikan kalian menyewa jasa pest control terbaik dan terpercaya untuk membasmi hama perusak yang bersarang di lokasi penting kalian.

Dalam menjalankan peranya, ternyata pest control telah membatasi jenis hama yang akan mereka kendalikan yaitu hama yang hanya ada di perkotaan (urban pest) dan bukan untuk hama pertanian ataupun perkebunan. Untuk itu, sangat penting bagi kalian untuk bisa membedakan dengan yang namanya crop protection atau perlindungan tanaman guna mengendalikan hama pertanian atau perkebunan. Berikut ini hama yang pest control bisa atasi pada umumnya ialah nyamuk, lalat, semut, kecoa, kutu, tikus, rayap, kumbang, ngengat, ulat, laba-laba, kelabang, kaki seribu, cecak,ular,  tokek, kelelawar, musang, burung, dan lainnya.

Jenis Tindakan Pengendalian Jasa Control Pest

Jasa pest control Makassar ataupun kota lain dalam menjalankan tugasnya untuk mengendalikan hama biasanya akan melakukan beberapa jenis tindakan pengendalian hama, seperti berikut ini:

  • Spraying atau penyemprotan, jenis pengendalian ini dilakukan di area dalam yang biasanya meliputi office, toilet, pantry, basement. Sedangkan untuk area luar biasanya seperti saluran air, bak sampah, dan lainnya.
  • Dusting atau pemberian bubuk umpan. Jenis pengendalian ini biasanya dilakukan di tempat-tempat sulit seperti tempat yang terlalu sering terkunci misalnya lemari, laci, dan lainnya.
  • Misting atau pengembunan. Jenis tindakan ini biasanya dilakukan disekitar area kosong misalnya pekarangan, halaman, kebun dan lainnya.
  • Baiting atau pengumpanan. Jenis tindakan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan tikus sebagai umpan dan diletakkan di dalam atau ruang ruang.
  • Fumigation atau pengasapan gas. Jenis ini dilakukan di ruang kosong dan juga direkomendasikan jika populasi serangga bersayap atau terbang tinggi maka sebaiknya memakai alat spray saja.
  • Fogging atau pengasapan. Untuk jenis ini dilakukan di area luar gedung misalnya taman, basement, saluran air, bak sampah, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk tindakan pest control yang biasa dilakukan oleh jasa pest control umumnya melibatkan penggunaan bahan kimia yang beracun (pestisida) untuk itu tak sembarang orang bisa melakukan yang namanya pest control. Adapun orang yang bisa melakukan pest control ialah mereka yang terlatih dan terdaftar bisa mengaplikasikan pestisida dengan ketentuan pemakaian (dosis) dan cara yang benar dan di waktu yang tepat.

Pest control ini tujuan utamanya ialah untuk membuat pikiran manusia yang memutuskan tinggal diperkotaa menjadi tenang karena tak akan terganggu oleh hama yang bisa meruggikan secara fisik (kesehatan) dan ekonomi. Masyarakat yang sadar akan kesehatan lingkungan pasti akan membutuhkan jasa pest control supaya kehidupan bisa dinikmati sepenuhnya. Nah adapun kategori yang biasanya memakai jasa pest control Makassar yaitu; Industri, Perumahan yang terdiri dari parbrik dan gudang, dan Komersial yang terdiri dari kantor, cafe, hotel, apartemen, dan banyak lainnya.

Metode Pest Control Berdasarkan Jenis Hama

Jasa pest control mempunyai metode yang berbeda-beda dalam membasmi hama, karena hama mempunyai jenis yang berbeda pula. Berikut ini metode pest control dalam membasmi hama berdasarkan jenis hama, yaitu:

  1. Rodent Control untuk Pengendalian Tikus.

Adapun jenis tikus yang biasa dibasmi oleh pest control ialah tikus nying –nying, tikus atap, tikus kebun dan tikus got.

Metode pengendalian yang digunakan ialah:

Untuk mengendalikan beragam jenis tikus tersebut, jasa pest control memakai umpan yang diracik.

  1. Termite Control untuk Pengendalian Rayap.

Adapun jenis – jenis rayap ialah:

Rayap tanah dan Rayap kayu kering.

Cara pengendalian dari jenis hama tersebut yaitu:

  • Soil Treatment yaitu melakukan penyemprotan di semua sisi pada galian pondasi dan seluruh bagian tapak bangunan termasuk daerah tanah urugan pondasi.
  • Wood Treatment yaitu dengan melakukan penyemprotan dan penguasan menyeluruh pada bagian material kayu baik yang telah atau belum dipasang.
  1. Fly Bait untuk Pengendalian Lalat outdoor

Metode ini menggunakan bahan kimia yang bentuknya berupa butiran atau granul guna mengendalikan jumlah lalat atau menekan populasi lalat.

Adapun peralatan yang digunakan ialah wadah seng atau kaleng, sarung tangan, stiker, dan cheklist fly bait. Untuk pestisida yang dipakai ialah flygard 1gr. Untuk prosedur pelaksanaannya ialah menyebarkan bubuk flugard di area outdoor dan disekitar gedung yang rawan infestasi serangga. Area yang sering menggunakan pest control ini ialah gedung atau pabrik.

  1. Insect Terminator untuk pengendalian nyamuk dan lalat indoor

Metode ini biasanya akan dipakai oleh jasa pest control Makassar untuk mengendalikan lalat, nyamuk ataupun serangga yang terbang dan sejenis dengan memakai alat berupa tabung lampu cahaya violet atau cahaya pemikat serangga yang terbang. Cahaya ini berefesiensi tinggi dan menggunakan tenaga listrik yang pastinya aman dan hemat energi.

Adapun tujuan dari metode ini ialah menekan jumlah populasi nyamuk, lalat, dan serangga di area indoor. Tak hanya itu, metode ini juga untuk melindungi segala jenis produk yang ada di indoor area dari serangan serangga bersayap. Untuk pelaksaannya yaitu dengan memasang alat insect terminator di area office atau lainnya yang sesuai dengan denah lokasi insect terminator tersebut. Pastikan untuk terus menyalakan lampu violet. Pest control ini paling tidak dilakukan sebulan sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.